SYARAT DAN CARA MENDIRIKAN CV
Saya hampir sering menjumpai pertanyaan bagaimana Syarat dan Cara Mendirikan/Membuat Badan Usaha CV? Pertanyaan itu sering muncul di banyak komunitas pelaku usaha, pun demikian yang saya ikuti seperti komunitas internet marketing, Tangan di Atas hingga di sosial media seperti twitter pun saya mendapat hal demikian. Itulah mengapa tulisan ini terwujud dari berbagai sumber. Usaha yang saya kelola juga kadang sering terkendala pada hal ini untuk tender-tender besar.CV adalah nama kepanjangan dari Comanditaire Venootschap. CV merupakan bentuk usaha yang hampir sama dengan PT (Perseroan Terbatas), namun yang membedakan Badan Usaha CV modal awal-nya tidak ada minimum sedang untuk PT adalah 50 juta (akan berbeda jika ada perubahan peraturan).
Ada 2 cara Mendirikan/Membuat CV Usaha, yakni:
Cara Ringkas, melalui Notaris lasngsung semuanya
Cara Manual dengan mengurus sendiri beberapa hal.
Syarat Pendirian/Pembentukan CV
Berikut ini adalah syarat buat CV Perusahaan:Foto copy KTP (Kartu Tanpa Penduduk) para pendiri, minimal 2 orang
Foto copy KK (Kartu Keluarga) penanggung jawab / Direktur
Pas photo penanggung jawab ukuran 4 X 6 = 5 lbr berwarna
Copy PBB (Pajak Bumi & Bangunan) tahun terakhir sesuai domisili perusahaan
Copy Surat Kontrak/Sewa Kantor atau bukti kepemilikan tempat usaha
Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan setempat
Surat Keterangan tidak keberatan tetangga, RT / RW dan kelurahan setempat
Cara Ringkas Mendirikan/Membuat CV
Cara ini terbilang cukup mudah, yakni kita hanya menyiapkan syarat lalu memberikan ke jasa pengurusan CV atau PT. Mereka akan mengurus segala sesuatunya. Pak Helmy Wardhana pernah memberikan komentar dengan cara yang ringkas ini di grup TDA Ngalam, yakni “kl aku dulu langsung ke notaris,tinggal beres,kalau untuk CV kabupaten 1,5jt an,kalau kota 2jt an. kalau untuk PT, kab. 5jtan kl kota 7 jt an.”Setelah menyerahkan Syarat buat CV Perusahaan/Usaha Anda maka pihak biro jasa pembuatan CV akan memberikan hasil:
Akte Pendirian CV,
NPWP (Nomor Pokok Wajib pajak) Badan,
UGG/HO /SITU jika tempat usaha berdomisili di kota Malang,
TDP (Tanda Daftar perseroan),
SIUP (Surat Ijin usaha perdagangan),
NPWP Pribadi (tergantung tiap biro jasa Pembuatan CV).
Cara Mengurus Sendiri Pembuatan CV
Cara Manual ini seperti dijelaskan Kurniawan Subiantoro di grup TDA Ngalam pula adalah seperti ini:“Kalo di Blitar buat CV habisnya hanya 510 ribu, pertama ke notaris dulu, bilang mo bikin CV, nanti kita diminta tentuin tujuan CV itu buat apa aja lalu bayar dah 500 ribu ke notaris dan tunggu sekian hari hingga akhirnya akta itu jadi dan pastikan dah dapat tanda tangan panitera pengadilan.
Setelah jadi, kita ke kantor pajak ngurus NPWP. Setelah itu baru ke Kantor Pelayanan Terpadu (KPT), bilang mo bikin CV. Kita akan dikasih banyak form yang harus diisi, mulai dari form Ijin Gangguan (HO) yang harus minta tanda tangan tetangga sekitar, lurah dan camat hingga form SIUP-TDP (waktu di kantor lurah dan camat saya ndak bayar apa2, soalnya ga dimintain sih, hehe).
Setelah smua dilengkapi, kumpulkan kembali ke KPT dan jangan lupa dirangkap tiga. Udah deh, tunggu hingga petugas KPT mensurvei tempat usaha kita. Bila semua lancar, kurang dari dua pekan SIUP dan TDP dah bisa diambil di kantor KPT dan sekali lagi saya ndak bayar apa-apa ke kantor KPT kecuali biaya administrasi sebesar Rp. 10 ribu aja. So total buat CV hanya Rp 510 rb, eh tp blm biaya materai dan fotocopy ding :) ”
Demikian Informasi Syarat dan Cara Mendirikan/Membuat Badan Usaha CV ini semoga dapat bermanfaat untuk semuanya!
Source: http://selamethariadi.com/syarat-dan-cara-mendirikan-membuat-cv/ Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
0 Response to "SYARAT DAN CARA MENDIRIKAN CV"
Post a Comment